Selasa, 18 Agustus 2009

VISI Achievement Motivation Training

Konsep Achievement Motivation Training (AMT) menjadi populer karena dinilai efektif untuk memberikan sugesti positif dan motivasi kreatif dalam memaknai hidup serta kehidupan. Apalagi pondasi dasarnya adalah nilai-nilai spiritualisme, yang disampaikan secara lugas, tanpa mengurangi esensi atau makna dan keagungan Sang Pencipta.

Program VISI IMAKAHI FKH IPB memiliki landasan pengajaran yang dititikberatkan pada pengembangan tiga kecerdasan, yaitu kecerdasan intelektual(IQ), kecerdasan emosional(EQ), dan kecerdasan spiritual(SQ). Dalam konteks penanaman nilai-nilai spiritualisme sebagai pondasi dari setiap pergerakan, termasuk perjuangan profesi sebagai pergerakan besar kita, VISI memasukkan konsep AMT ini dalam rangkaian pembinaan dan pelatihannya. VISI AMT dilaksanakan pada 13 Juni 2009 dan diisi oleh trainer ABCo Bpk. Febriya Fajri (sertifikasi trainer Aris Ahmad Jaya) selama kurang lebih dua jam di RK. FKH B2, kampus FKH Institut Pertanian Bogor.

Penyampaian yang luar biasa, dengan simulasi-simulasi aplikatif yang seru, dan tentunya memberikan hikmah, makna, dan pelajaran berharga pada Siswa angkatan I yang hadir hari itu. Banyak hal luar biasa yang disampaikan, antara lain tentang kekuatan menetapkan tujuan, karena ketika kita memiliki tujuan maka kita akan terangsang oleh motivasi-motivasi, dan motivasi akan menstimulasi kita untuk melakukan sebuah aksi hingga kita mencapai tujuan/visi yang kita tetapkan di awal perjalanan. Lalu disugestikan juga tentang bagaimana merubah cara pandang kita akan tantangan, kesulitan, dan pilihan, menjadi bernilai positif. Bagaimana pikiran serta cara pandang yang positif bisa membuat kita untuk melakukan atau mendapatkan hal-hal yang juga positif. Pun sebaliknya, pikiran dan cara pandang yang negatif dapat membuat kita lemah dan lebih dekat dengan hal-hal negatif yang kita takuti.

Kualitas dan nilai hidup kita dipengaruhi oleh cara pandang kita terhadap sesuatu. Tentunya, cara pandang yang positif dapat meningkatkan kualitas dan nilai hidup yang kita miliki. Itulah sebabnya, mereka yang mempunyai cara pandang yang positif akan memiliki willingness to do more dan watak pekerja cerdas. Pikiran dan cara pandang ini akan terasa manfaatnya jika kita berhasil menerapkannya pada diri sendiri, orang lain, lingkungan sekitar, dan tentu saja terhadap Tuhan YME.

Menutup tulisan ini, kiranya sebuah sms-motivasi dari seorang teman patut menjadi renungan, ”Apa yang diberikan-Nya adalah selalu apa yang kita butuhkan, walau mungkin bukan apa yang kita inginkan… Kita mungkin kehilangan banyak kesempatan, tetapi semoga tak kehilangan makna, hikmah, dan pelajaran…”

Selamat berpikir positif, hadapi ujianmu, dan jangan pernah berhenti mengembangkan diri!

Viva vets!!!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar