Selasa, 18 Agustus 2009

Grand Launching VISI

FKH (9/5)-Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia (IMAKAHI) FKH IPB meluncurkan sebuah pilot project sistem kaderisasi berbasis keprofesian yang diberi nama VISI, yang merupakan singkatan dari Veterinary Integrity and Skill Improvement. VISI adalah sebuah program pengembangan kualitas sumber daya manusia yang berbasis pada kurikulum keprofesian yang sistematis untuk meningkatkan totalitas, solidaritas, dan kualitas seluruh mahasiswa kedokteran hewan agar tercipta calon dokter hewan yang bangga dengan profesinya, siap berkiprah dalam dunia kesehatan hewan Indonesia, serta siap terhadap tantangan globalisasi.

Acara Grand Launching ini dihadiri oleh Ketua Umum PB PDHI, Drh.Wiwiek Bagja, dan Pembina IMAKAHI FKH IPB yaitu Drh. Bambang Pontjo Priosoeryanto, MS, Ph.D, serta puluhan Mahasiswa FKH IPB baik S1 maupun PPDH. Pada kesempatan ini, Drh. Wiwiek Bagja mengisi sesi Seminar Motivasi yang bertajuk ”Peran Mahasiswa dalam Perjuangan Profesi”. Materi diawali dengan pemaparan kondisi kedokteran hewan dan sejauh mana perjuangan yang sudah dilakukan. Dalam penyampaiannya, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian mahasiswa FKH, antara lain; Mahasiswa minimal harus mengetahui juga tentang tata aturan negara, sehingga ke depannya bisa mengargumentasikan profesi di tataran lokal bahkan nasional. Kemudian mahasiswa FKH harus tahu betul dan memahami apa itu ”Veteriner”. Menurut Ibu, sapaan hangat kami untuk beliau, ada tiga hal yang dapat digunakan untuk memahami arti ”Veteriner”; Yang pertama adalah ”Pasar”, sebagai pemakai tenaga dokter hewan, kedua adalah ”Depdiknas” yang mengakui secara hukum bahwa profesi kedokteran hewan adalah ilmiah, dan yang ketiga adalah ”Fakultas Kedokteran Hewan” yang harus peka terhadap kondisi keprofesian dan selalu bergandengan dengan PDHI untuk mengetahui apa saja tuntutan atau kebutuhan masyarakat terhadap lulusan kedokteran hewan. Disampaikan juga sedikit tentang pemahaman kesejahteraan hewan/kestrawan, pentingnya untuk aktif berorganisasi sejak dini, dan lain-lain yang tidak bisa kami uraikan semua di sini. Peserta terlihat antusias, tidak ada yang tidur waktu penyampaian, malah banyak yang menyampaikan pertanyaan, dari profesi sampai ke flu A (Swine flu), dan tidak ketinggalan ditanyakan juga tentang dokter hewan asing yang akan masuk ke Indonesia.

Sementara untuk program VISI sendiri, salah satu komentar yang disampaikan oleh seorang Drh. Wiwiek Bagja adalah, ”IMAKAHI selangkah lebih awal dari PDHI, dan saya gembira sekali!”. Semoga itu bisa memacu kami untuk lebih memberikan yang terbaik kepada mahasiswa kedokteran hewan, yang merupakan penerus perjuangan profesi ke depannya. Sesuai dengan visi dari sebuah VISI : “Menciptakan generasi madani kedokteran hewan yang lebih professional dan unggul dalam kompetensinya”, dan kami siap untuk menyumbangkan sset-aset emas sumber daya manusia kedokteran hewan yang akan turut andil dalam perjuangan profesi kedepannya sekaligus peduli terhadap kemajuan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. Viva Vets! (M. Arief E)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar