Sabtu, 22 Agustus 2009

Kunjungan VISI ke PT. Charoen Pokphand Indonesia


Mengawali pelatihan tingkat intermediet, pada tanggal 20 Agustus 2009 Manajemen VISI membawa siswanya berkunjung ke salah satu perusahaan bidang Veteriner terbesar di Indonesia, yaitu PT. Charoen Pokphand Indonesia (CPI). Kunjungan atau field trip ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keprofesian sesuai muatan yang ada dalam kurikulim VISI sendiri, dalam hal ini khususnya wawasan keprofesian di bidang swasta atau swasta Veteriner. Sehingga siswa VISI mendapatkan gambaran seperti apa dan dimana saja peran dokter hewan di bidang swasta Veteriner ini.

Sebagai sebuah perusahaan yang besar, CPI terbagi menjadi beberapa anak perusahaan yang tergabung dalam Charoen Pokphand Groups. Diantaranya adalah SHS Animal Healt (PT. Surya Hidup Satwa), PT. Indovetraco Makmur Abadi, dan CP Animal Health Diagnostic Laboratory. Dalam satu hari yang luar biasa VISI mendapat kesempatan mengunjungi ke tiga anak perusahaan tersebut.

Pertemuan dengan pejabat-pejabat yang sebagian besar juga bertitle dokter hewan dari SHS Animal Healt (PT. Surya Hidup Satwa) dan PT. Indovetraco Makmur Abadi (IMA) berlangsung di satu tempat karena kebetulan keduanya berada dalam satu gedung, yaitu di gedung Maspion Plaza lantai 11, Jakarta. Pemaparan profil masing-masing perusahaan yang dilanjutkan dengan diskusi interaktif semakin menambah wawasan siswa VISI tentang apa yang bisa dicapai oleh seorang dokter hewan dalam perusahaan-perusahaan besar ini. Pencapaian yang tentu akan didapatkan dengan menjalani proses yang terjadi di dalamnya, karena tidak ada sesuatu yang bisa dicapai tanpa ada usaha dan proses tentunya. Diwakili oleh drh. Johan, salah satu pejabat di SHS, beliau menjelaskan mengenai salah satu bidang kerja, yaitu Technical Sales Representative (TSR) yang membutuhkan banyak sekali tenaga dokter hewan di dalamnya, dan banyak lagi tentang TSR, yang tentunya ini merupakan pengetahuan baru bagi siswa VISI. Beliau menegaskan, TSR hanyalah langkah awal untuk mencapai posisi yang lebih tinggi seperti Branch Manager bahkan posisi tertinggi di perusahaan, yaitu COO yang saat ini diperusahaan tersebut juga dipegang oleh seorang dokter hewan. Sambutan yang luar biasa dari SHS dan IMA membuat pertemuan ini semakin hangat. Bahkan, diakhir pertemuan pihak perusahaan memberikan souvenir berupa tas dan kaos cantik kepada masing-masing siswa VISI sebagai kenang-kenangan!

Kemudian kunjungan dilanjutkan ke arah Ancol, Jakarta, yaitu di CP Animal Health Diagnostic Laboratory. Di sinilah tempatnya bagi mereka yang suka bekerja di laboratorium, melakukan pengamatan-pengamatan baik mikro maupun makro, nekropsi, pembuatan vaksin, antibodi, isolasi berbagai virus, bakteri, dsb. Sebelum ke sesi pemaparan materi dan jelajah laboratorium, kembali sambutan yang luar biasa disuguhkan dengan jamuan makan siang dari salah satu produk andalan CPI yaitu makanan (daging) olahan yang terkenal dengan merek Fiesta. Selesai menikmati hidangannya, siswa VISI mendapat kesempatan untuk berkunjung ke laboratorium-laboratorum yang ada di dalamnya, yang terbagi dalam lima seksi yaitu; Serologi, Mikrobiologi, Pathologi, PCR, dan Aquatic. Setiap seksi memiliki fungsi dan peranan yang berbeda-beda. Pemaparan materi dan diskusi di tiap laboratorium semakin menambah pengetahuan siswa VISI hari itu. Apalagi yang ada di dalam laboratorium itu sebagian besar adalah dokter hewan, sehingga diskusi menjadi semakin menarik. Dan ternyata banyak lulusan IPB yang bekerja di tempat itu! Kunjungan pun diakhiri dengan foto bersama dan salam semoga dapat berjumpa lagi pada kesempatan yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar