Senin, 30 November 2009

VISI Advance Outbond

Siswa VISI (Veterinary Integrity and Skill Improvement) merupakan sumberdaya manusia kedokteran hewan yang sedang ditingkatkan kualitas dirinya, baik secara individual maupun kelompok, melalui pelatihan-pelatihan yang mengembangkan karakter kepemimpinan dan pengetahuan keprofesian menuju terciptanya generasi madani kedokteran hewan yang lebih profesional dan unggul dalam kompetensinya. Pelatihan-pelatihan VISI tidak hanya dilakukan di dalam ruangan (indoor) tetapi juga di luar ruangan (outdoor), seperti halnya kunjungan lapang dan outbound. Setelah melalui berbagai pelatihan sejak bulan Mei sampai Oktober 2009, akhirnya pada 29 November 2009 VISI sampai pada agenda pelatihannya yang terakhir tahun ini, yaitu “VISI Advance Outbound”.
Pelatihan dengan media alam terbuka, dalam hal ini adalah outbound, saat ini sedang berkembang karena telah terbukti dapat mengubah pola pikir (reengineering of mind set) manusia, antara lain mengenai pengenalan diri dan lingkungan, jiwa kepemimpinan, hubungan antarmanusia, dan akhirnya adalah terbentuknya tim yang solid. Pelatihan alam terbuka menuntut peserta mencoba keberanian untuk meninggalkan teori-teori, lepas dari ruang dan batasan-batasan formal yang seringkali menghambat kreativitas dan menutup jalan untuk membuka diri bagi suatu perubahan.
Kali ini Manajemen VISI bekerjasama dengan GALAXY Learning Center, sebuah lembaga bidang pengembangan sumberdaya manusia yang memfasilitasi suatu program-program pelatihan yang menitikberatkan pada personal development dan team development. Pengembangan yang dilakukan berupa pengembangan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan moral.
Dalam pelaksanaannya, siswa VISI dibagi ke dalam dua kelompok yaitu kelompok laki-laki dan perempuan. Masing-masing kelompok melakukan permainan-permainan seru antara lain; Fun Games, Water Control, Nine Box, Two Lines Bridge, Balance Beam, dan Electric Box. Ada lima tujuan besar yang ingin dicapai secara kolektif melalui permainan-permainan ini, yaitu; 1)Membangun integritas, 2)Membangun kebersamaan, 3)Mengembangkan kreativitas, 4)Meningkatkan transparasi/keterbukaan/kejujuran, dan 5)Membangun kepemimpinan.
Perkembangan IMAKAHI sebagai sebuah organisasi sangat tergantung pada sistem yang dipakai dan kualitas sumber daya manusianya (kondisi dan karakter setiap individu yang terlibat didalamnya). Sebaik apapun sistem yang dimiliki tanpa kualitas SDM yang baik maka organisasi tersebut akan mengalami hambatan untuk maju. Bagaimana pola pikir, perilaku dan kerjasama yang terjadi dalam sebuah tim sangat memegang peranan dalam pembentukan efektifitas dan performa organisasi tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah manajemen yang dapat memfasilitasi kebersamaan diantara para individu agar dapat berinteraksi dan bersinergi sehingga kebersamaan tersebut dapat menjadi sumberdaya yang memiliki potensi yang berkekuatan sangat besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar